Mahasiswa | Staff | Alumni

Fapet Unisla Fokus Pengembangan Kambing Boerka



Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Islam Lamongan (Unisla) dan UPT Agri Science Technopark Unisla memiliki cita-cita untuk mengembangkan dan memunculkan genetik Kambing Boerka ideal.

“Agar bisa memunculkan genetik Kambing persilangan dari Boer dan Kacang yang memiliki keseragaman yang baik dan valid,” ujar Wahyuni, Ketua Prodi Peternakan, di sela-sela kuliah umum dan coaching lapangan bertema “Prospek Pengembangan dan Evaluasi Kambing Boerka” di Auditorium Unisla, Sabtu (14/3/2020).

Untuk diketahui, Kambing Boerka merupakan persilangan antara Kambing Boer dan Kacang. Nah, demi memaksimalkan cita-cita itu, Fapet Unisla menghadirkan Prof Dr Ir Luqman Hakim M.S, Guru Besar Bidang Reproduksi dan Pemuliaan Ternak Universitas Brawijaya (UB).

“Kuliah umum dan coaching lapangan ini sesuai arahan dari Menteri Ristek Dikti pada peresmian UPT Agri Science Technopark,” ucapnya.

Wahyuni membeberkan, kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa, alumni Fapet Unisla, komunitas kambing domba, siswa SMK peternakan, praktisi dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Lamongan.

“Bisa menjadi induk pengembangan transfer teknologi peternakan kepada mitra-mitra peternak di daerah Kabupaten Lamongan dan sekitarnya,” katanya.

Lebih lanjut Wahyuni juga mahasiswa dan masyarakat mengetahui prospek produktivitas dan evaluasi kegiatan breeding Kambing Boerka untuk memperoleh genetik terbaik.

“Ke depan, supaya memperoleh genetik Kambing Boerka dengan kelahiran yang seragam dan stabil pada pertumbuhan,” tutur Wahyuni. (*)


Comments are closed.