Webinar Nasional PIAUD Unisla, Kak Seto Kenalkan Konsep GEBIRA



Kak Seto memperkenalkan konsep GEBIRA dalam Webinar Nasional yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Islam Lamongan (Unisla). 

“Gerak, Emosi cerdas, Makanan sehat, Berdoa dan beribadah, Aktif dalam berkarya,” kata Dr Seto Mulyadi, psikolog anak, saat didaulat sebagai pembicara dalam webinar nasional bertema Sudah Merdeka-kah Anak Anda dalam Belajar?”, Senin, (10/8/2020).

Konsep itu cocok untuk diterapkan di masa pandemi Covid-19 ini. Apalagi di masa ini, belajar dari rumah telah mendorong orang tua bisa berperan sebagai guru bagi anak-anaknya selama di rumah.

“Saat pandemi bukan hanya anak yang belajar melainkan orang tua juga. Etika dan disiplin di contohkan dan ditanamkan pada anak sejak kecil,” ujarnya.

Menurut Kak Seto, orang tua harus bisa membangun suasana gembira dan tetap tersenyum anak akan membuat suasana pembelajaran di era pandemi ini penting.

“Kunci kreativitas anak terdapat pada kreativitas orang tua. Guru dan orang tua adalah sahabat anak,” ucap Kak Seto. Dikatakannya, orang tua dan guru harus bisa bersinergi selama belajar di rumah. “Peran guru, proses belajar agar efektif dan edukatif,” ujarnya.

Lebih lanjut Kak Seto juga meminta, orang tua dan guru harus memberikan banyak apresiasi pada anak untuk meningkatkan semangat anak.

Bagi anak-anak, ditambahkan Kak Seto, dapat belajar dimana saja selama masa pandemi Covid-19. “Impian ana lingkungan belajar yang Merdeka,” tuturnya. (*)

Pewarta: Ja’far Shodiq 


Comments are closed.