Unisla Kawal Rembuk Desa Wisata Pataan



Universitas Islam Lamongan (Unisla), melalui Lembaga Pengabdian, dan pengabdian masyarakat (Litbang Pemas) melaksanakan tugas dan fungsinya melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini, komitmen Litbang Pemas ditunjukkan dengan inisiasi pembentukan Desa Wisata Airlangga di sekitar situs Candi Pataan yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan.

Setelah sebelumnya, Unisla dan Pemerintah Desa Pataan telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman. “Pembentukan desa wisata akan kita mulai dengan pembuatan taman wisata alam,” kata Husen, Ketua Litbang Pemas Unisla, ketika memimpin rembuk desa, Sabtu, (7/8/2021).

Di hadapan para pemuda dan aparat desa Pataan, Husen menegaskan, di situs Candi Pataan terdapat jejak para leluhur. “Karenanya, seluruh pengembangan wisata harus mengarah pada pelestarian situs candi dan pengembangan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan, di sekitar situs candi akan diletakkan replika patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). “Kesemuanya kita lakukan untuk pelestarian situs candi pataan,” ujar Husen. (*)


Comments are closed.