KKP Dorong Digitalisasi Industri Perikanan di Webinar Fakultas Perikanan Unisla



Ir Nilanto Perbowo,M.Sc menjadi pemateri dalam bewinar Fakultas Perikanan Unisla, Kamis, (23/7/2020).

 Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ir Nilanto Perbowo, mendorong Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan (Unisla) untuk mendukung digitalisasi pemasaran ikan. 

Itu dikatakan Nilanto, dalam webinar Fakultas Perikanan Unisla yang mengangkat tema “Distribusi Pemasaran dan Daya Saing Produk Perikanan di Era New Normal”, Kamis, (23/7/2020).

Lebih lanjut kata Nilanto, untuk menggeliatkan dan mendukung distribusi dan pemasaran produk ikan, digitalisasi pemasaran ikan di masa dan pasca pandemi ini menjadi pilihan terbaik.

“Pemerintah telah membuat program Bangga Buatan Indonesia untuk membantu transformasi UMKM offline ke online,” ujarnya.

Nilanto mengatakan dengan aplikasi, lanjutnya, dikatakannya, menjadi jembatan penghubung antara nelayan dan para pembudidaya dengan masyarakat umum untuk memasarkan hasil tangkapan dan produk perikanan.

“Yang penting produk UMKM tersebut harus steril dan higienis, serta tidak menggunakan barang-barang yang terlarang, seperti bahan pewarna atau bahan-bahan lain yang membahayakan kesehatan manusia,” ucapnya.

Dalam webinar tersebut, Nilanto pun meminta civitas akademika Fakultas Perikanan Unisla untuk mau turun ke lapangan. “Untuk melihat langsung aktivitas para nelayan dan pembudidaya,” tuturnya.

Pewarta: Ja’far Shodiq


Comments are closed.