Fakutas Hukum Unisla Kaji Kampus Merdeka Belajar



Fakultas Hukum Universitas Islam Lamongan (Unisla) mengkaji merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) melalui webinar melalui platform online zoom meeting.

Webinar dengan tema “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka” ini menghadirkan Dr Syamsul Arifin, tim ahli kurikulum Kemendikbud dan Tim Kurikulum ITS Surabaya sebagai narasumber.

Menurut Syamsul, merdeka Belajar merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

“Dengan Merdeka Belajar mahasiswa atau peserta didik diberikan hak untuk belajar diluar program studi (prodi) yang telah dipilih,” katanya, Selasa (3/11/2020).

Samsul menjelaskan, tujuan MBKM adalah untuk memberikan opsi atau pilihan kepada mahasiswa untuk mendapatkan kegiatan pembelajaran lebih lama di luar prodi atau di luar kampus.

Tujuan berikutnya, dikatakan Samsul, adalah dalam rangka mencapai capaian pembelajaran lulusan.

“Misalnya Prodi akuntansi ya capaian pembelajaran lulusannya harus akuntansi yang menjadi tujuan utamanya. Jadi dari kampus merdeka belajar ini mahasiswa mendapatkan kompetensi tambahan baik soft skill dan hard skill sesuai dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Lebih lanjut Samsul membeberkan, empat pegangan dalam menjalankan MBKM yang perlu diperhatikan, adalah standar kompetensi lulusan atau capaian pembelajaran lulusan yang sudah dibuat oleh program studi, learning experience, Link and Match, dan curriculum flexible and adapted.

“Yang perlu dipersiapkan dalam implementasi BKP MBKM yaitu pertama, kebijakan perguruan tinggi yang melandasi BKP MBKM,” kata Samsul.

Berikutnya yang kedua, sambung Samsul, adalah reorientasi atau rekonstruksi kurikulum yang fleksibel dan adaptif dalam pelaksanaan BKP MBKM.

“Ketiga, bentuk kerjasama yang dilandasi MoU dengan mitra PT dan/atau non-PT dan Keempat, sistem penjaminan mutu pelaksanaan BKP MBKM,” tuturnya.

Kelima, lanjut Samsul adalah sistem konversi bobot sks dan nilai dari hasil BKP MBKM ke Mata Kuliah yang ada dalam kurikulum.

Untuk diketahui, Unisla sendiri saat ini merupakan salah satu universitas yang mendapat hibah program merdeka belajar kampus merdeka.


Comments are closed.