Kupas Tuntas Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial



Buku dengan judul “Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial” merupakan karya Madekhan Ali, Direktur Pascasarjana Universitas Islam Lamongan (Unisla) sebagai bentuk dedikasinya dalam dunia pendidikan islam.
Dalam buku setebal 320 itu, Madekhan menjelaskan bahwa, agama tidak boleh hanya dijadikan tempat mencari kenikmatan spiritual saja, akan tetapi agama harus dijadikan sebagai basis penggerakan sosial dalam memperjuangkan kaum lemah.
“ pendidikan islam harus mampu menangkap pesan moral agama tersebut untuk kemudian mensinergikannya dengan tujuan pendidikan islam itu sendiri”, ungkapnya di kantor Pascasarjana Unisla, Selasa (13/10/2020).
Pendidikan islam, kata Madekhan, harus berbasis pada penghargaan dan penghormatan terhadap perbedaan masyarakat. segala bentuk pendidikan dan kemampuan atas perjuangan masyarakat harus dihargai bersama.
“bahkan perlu untuk dikembangkan, terlebih di Indonesia yang memiliki pluralias yang tinggi”, ungkapnya.
Buku ini hadir sebagai ikhtiar untuk menghadirkan kerangka konseptual dan pemikiran pendidikan kontemporer dan perspektif agama islam, sosiologi dan kebijakan politik.


Comments are closed.