Enter your keyword

post

Expo KKN Unisla 2023 Pamerkan Produk UMKM di Desa Sepanjang Bengawan Solo

Expo KKN Unisla 2023 Pamerkan Produk UMKM di Desa Sepanjang Bengawan Solo

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisla (Universitas Islam Lamongan) tahun 2023 menggelar expo dengan memamerkan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari desa yang telah ditempati saat melaksanakan serangkaian KKN.

Puluhan hingga ratusan produk UMKM dari 30 desa dan 4 kecamatan sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo itu dipamerkan oleh perwakilan mahasiswa peserta KKN di Aula Lantai 3 Gedung Pasca Sarjana Unisla, Selasa (12/9/2023).

“Melalui expo ini, peserta KKN Unisla bisa memperoleh edukasi bahwa di wilayah sepanjang Sungai Bengawan tersebut mempunyai wisata dan produk UMKM,” ujar Abdul Ghofur Rektor Unisla.

Selain itu, Ghofur mengemukakan, peserta KKN Unisla juga bisa mempromosikannya minimal di lingkungan kampus hijau meski kegiatan memamerkan produk. “Ini baru pertama kali kita selenggarakan. Ke depan kita berharap tidak hanya ini saja. Tapi bagaimana bisa memiliki data potensi desa yang ditempati. Sehingga nantinya desa tersebut bisa dikembangkakan lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KKN Unisla tahun 2023 Hammam Rofiqi menyampaikan, Expo KKN Unisla 2023 menjadi ajang pameran dan promosi hasil UMKM di desa tempat peserta melaksnakan KKN selama 21 hari.

“Produk yang disuguh terdiri dari produk olahan makanan, gerabah dan lain sebagainya. Initinya kita ingin mempromosikan produk tersebut minimal di lingkungan kampus,” kata Hammam.

Hammam menambahkan, expo ini sebagai bentuk sumbangsih dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai tema KKN Berdaya Bersama Aliran Peradaban.

“Kita juga ingin membangkitkan jiwa entrepreneur para peserta KKN bahwa di desa itu terdapat potensi yang harus dikembangkan dan dipamerkan, sehingga masyarakat luas bisa melirik produk yang telah dipamerkan anak-anak mahasiwa KKN Unisla di expo tersebut,” ujar Hammam. (*)