Fakultas Ekonomi
Program Studi :

  1. S1 – Manajemen (S,Mn) – Status Akreditasi : B
  2. S1 – Akuntansi (S.Ak) Status Akreditasi : B

 

S1 – Manajemen (S,Mn)
Status Akreditasi : B

Peluang kerja bagi lulusan jurusan ekonomi manajemen sangat luas, karena hampir semua organisasi, badan, lembaga, perusahaan dan institusi pemerintahahan membutuhkan lulusan jurusan ekonomi manajemen. Secara garis besar, lulusan jurusan ekonomi manajemen dapat bekerja di berbagai organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan sebagai manajer tingkat pertama bidang pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan. Berbagai sektor yang potensial untuk lulusan jurusan ini dapat meliputi sektor perbankan, manufaktur, agrobisnis, pertambangan, perdagangan, asuransi.

S1 – Akuntansi (S.Ak)
Status Akreditasi : B

Pegawai Negeri Sipil
Hampir dalam setiap pembukaan lowongan CPNS tiap tahunnya, ada formasi yang tersedia untuk lulusan jurusan akuntasi. Hal ini dikarenakan hampir semua instansi pemerintah membutuhkan lulusan jurusan ini untuk menangani urusan keuangannya. Untuk instansi pemerintah yang paling banyak membutuhkan lulusan jurusan akuntansi adalah Kementrian Keuangan dan Dirjen Perpajakan.

Sektor Swasta, BUMN, dan organisasi non pemerintah
Sama halnya dengan instansi pemerintahan, semua BUMN, perusahaan swasta dan organisasi non pemerintahan membutuhkan jasa seorang akuntan untuk menangani urusan keuangan. Jumlah uang yang besar dengan ragam penggunaan yang kompleks tentu sangat beresiko jika dikerjakan oleh orang yang kurang paham dengan akuntansi, karena itu lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan. Karena hal ini pula kenapa jurusan ini termasuk salah satu jurusan dengan lapangan kerja paling luas di Indonesia.

Kantor akuntan publik
Secara umum Lulusan Program Studi Sarjana Akuntansi dapat berkarir sebagai Junior Auditor di Kantor Akuntan Publik; Analis sistem / proses bisnis dan  Pengembang Sistem Informasi Akuntansi dan serta manajer tingkat pertama di bidang Akuntansi. Lulusan jurusan akuntansi juga bisa mendirikan kantor Akuntan Publik jika sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak.

Wirausaha
Tidak ada batasan bagi lulusan jurusan akuntasi untuk masuk kebidang-bidang lain di dunia usaha. Karena itu lulusan jurusan ini bisa saja membuka usaha wiraswasta apa saja yang sesuai dengan minatnya dan tidak melanggar hukum.