Seminar Internasional tentang International Baccalaureate Program (IB) untuk Sekolah Internasioanl yang diselenggarakan oleh FKIP UNISLA di Haal Kampus Pusat UNISLA pada hari ini berlangsung sukses dengan dihadiri oleh 610 peserta. Dalam seminar yang  dibuka oleh Hj. Makdumah Fadeli, MPd, isteri Bupati Lamongan yang sekaligus sebaagai Keynote Speaker ini dengan nara sumber Beth Ann Williams (guru Lawrence Township School, Indianapolis, USA) sebagai pembicara utama yang mengupas program pendidikan internasional International Bacccalaureate Program (Ib) yang merupakan standard pendidikan yang secara internasional diakui dimana sangat beda dengan program SBI dan RSBI  yang dilaksanakan di Indonesia. Pembicara kedua adalah Sarah Jane Williams, mahasiswa Indiana University  yang akan menjelaskan pengalamannya selama mengikuti program IB selama ia masih SMA.

 

Dalam kesempatan ini Sarah Williams yang juga menjadi native speaker di FKIP Unisla ternyata terenyuh melihat perjuangan dari banyak mahasiswa yang harus bekerja sendiri agar bisa kuliah. Biaya SPP yang hanya Rp 125.000,-tiap bulan atau sekitar $14 ternyata tidak semua bisa membayar. Biaya kuliah S1 di Amerika $17.000,- bisa dibayangkan betapa mahal kuliah di sana. Dan betapa murah SPP di sini. Melihat ini,  ia memutuskan untuk memberi beasiswa (menyumbang) pada  2 mahasiswa tidak mampu agar bisa menamatkan  kuliahnya. Beasiswa ini tidak banyak, tetapi seluruh mahasiswa Unisla patut mengapresiasi dan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Selama 4 tahun ke depan, ia dan kakaknya Jordan akan menyisakan uang saku atau uang hasil bekerja sambilan (sambil kuliah) sebesar $120/tahun untuk diberikan pada 2 mahasiswa Unisla. Syarat untuk mendapatkan adalah lewat seleksi (1) mahasiswa harus dari semester 1, (2) dari seluruh Prodi (bukan hanya bahasa Inggris saja), (3) dipilih atau disetujui oleh Pembantu Rektor 1,  dan (4) mahasiswa harus melaporkan progress report minimal 2 kali dalam satu semester lewat electronic letter pada Sarah dan Jordan.

 

Selain itu dalam kesempatan ini Beth Ann Williams mewakili keluarga Wiliam juga memberi kesempatan semacam beasiswa kepada 2 orang guru/dosen dan 3 orang mahasiswa untuk datang belajar ke Amerika selama 3 minggu dengan biaya di tanggung keluarga William. Untuk itu pula dalam kesempataan seminar ini pula diadakan penanda tanganan MOU antara UNISLA yang diwakili oleh H.Bambang Eko M,SH,MHum,MMA dan  Sarah Williams

In Tak Berkategori. Bookmark the permalink.