Satu lagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lahir di Universitas Islam Lamongan pada hari ini, Minggu, tanggal 22 Mei 2011, yaitu UKM Gerakan Pramuka. Kelahiran UKM yang bertepatan dan disemangati suasana Hari Kebangkitan Nasional ini menurut Pembantu Rektor I UNISLA, H.Bambang Eko Muljono,SH,SpNMHum,MMA, yang didampingi  oleh Pembantu Rektor III,  Ir. Hj. Nuril Badriyah, MM. sebagaimana kelahiran UKM yang lain, bukan instruksi dari Rektor, tetapi murni digagas oleh para mahasiswa yang peduli akan nation and carakter building di Kampus Hijau kebanggaan masyarakat Lamongan. Kelahiran UKM Gerakan Pramuka ini diharapkan menjadi pilihan wadah kegiatan yang menarik dan mengandung pendidikan dalam rangka pembentukan watak dan membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara

 

Kelompok mahasiswa UNISLA penggagas terlahirnya UKM  ini sadar akan tantangan berupa anggapan dari para pemuda dan mahasiswa bahwa Pramuka itu identik dengan tepuk tangan dan nyanyi. Untuk menjawab tudingan itu semua, maka dalam rangka Peresmian Gugusdepan gerakan Pramuka di UNISLA ini ditandai dengan Seminar Nasional bertema "PERANAN PENEGAK PANDEGA SEBAGAI PENGAWAL IDEOLOGI BANGSA" dengan nara sumber Dr.B.Lena Nuryanti, Guru Besar  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung selaku Andalan Nasional Bid. Pendidikan & Penelitian Kwartir Nasional, Drs. Ganet Boedi Oetomo, MPd dari Kwartir Daerah Jawa Timur dan dan Liswiyanto,SPd. dari Kwartir Cabang Lamongan.

 

Sebagaimana telah kita lihat bersama bahwa gugusdepan yang berpangkalan disekolah hingga tingkatan pendidikan menengah atas sudah jamak, tetapi yang berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi masih sangat sediki, padahal peserta didik anggota Pramuka hingga berusia 25 tahun. Dengan demikian kelahiran UKM Gudep UNISLA ini diharapkan juga sebagai tempat untuk berlatih bagi peserta didik Anggota Muda dan Anggota Dewasa Muda baik yang menempuh pendidikan di UNISLA maupun yang tidak yang berusia 18-25 tahun yaitu Penegak dan Pandega.

In Tak Berkategori. Bookmark the permalink.